Resep Cara Membuat Kerak Telor Khas Betawi Paling Enak dan Praktis

Tips dan Rahasia Membuat Kerak Telor Khas Betawi – Satu lagi jajanan tradisional ciri khas Betawi yang sayang jika terlewati yaitu kerak telor. Makanan kerak telur ini merupakan makanan asli daerah Jakarta (Betawi) yang mempunyai bahan utama beras serta telur ayam. Biasanya beras yang dipakai merupakan beras ketan putih. Akan tetapi saat ini ada kreasi resep kerak telor yang memakai beras putih umum, bahkan juga ada pula yang memakai nasi. Keunikan dari kerak telor merupakan berasnya yang dibuat 1/2 masak. Jadi ada sensasi kriuk kletusan beras saat di makan.

Sebagian orang yang baru mencoba makanan kerak telor khas Betawi ini pasti sedikit akan kurang senang, tetapi buat warga Jakarta kerak telor jadi salah satu makanan kebanggan ciri khas Betawi. Tidak hanya memakai kocokan telur ayam, kerak telor asli Betawi saat ini juga dapat memakai telur bebek. Sajian kerak telor memang sedikit unik, akan tetapi rasa-rasanya yang enak membuat beberapa orang ingin mencicip kelezatannya. Penyajian kerak telor biasanya diberikan bersama dengan bawang merah dengan di goreng kering, ebi atau udang kecil-kecil sangrai, kelapa parut serta bumbu rempah yang lain.

Makanan ini sangat enak dinikmati pada saat hangat bersama dengan minuman hangat seperti bandrek, wedang bajigur, bir pletok, sekoteng, wedang ronde, kopi serta teh. Karena termasuk makanan unik, kerak telor juga telah mengambil hati beberapa wisatawan asing. Nah dari pada mesti jauh-jauh ke Ibukota Jakarta cuma untuk mencicip kerak telor, mending anda buat sendiri di rumah. Langkah membuat kerak telor betawi ini cukuplah ringan. Untuk resep serta langkah membuat kerak telor asli betawi memakai beras ketan putih yang di rendam beberapa saat atau semalaman. Alangkah lebih baiknya jika sekarang anda simak saja langsung Resep Cara Membuat Kerak Telor Khas Betawi Paling Enak dan Praktis dibawah ini.

Resep Cara Membuat Kerak Telor Khas Betawi Paling Enak dan Praktis

Bahan-bahan :

  • 100 gram beras ketan putih.
  • 250 ml air.
  • 100 gram kelapa parut, sangrai untuk penabur.
  • 15 gram ebi udang, seduh, sangrai, dan haluskan.
  • 5 butir telur bebek.
  • 30 gram bawang merah, goreng kering.
  • 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis bumbu halus.
  • Bawang merah goreng khusus untuk taburan.

Bumbu yang dihaluskan :

  • 4 buah cabai merah keriting.
  • 1/2 sdt merica butiran.
  • 3 cm kencur.
  • 1 cm jahe.

Cara membuat kerak telor betawi :

  1. Rendam beras ketan putih di dalam air selama satu malam, tiriskan.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Bubuhkan 1 1/2 sendok makan beras ketan putih pada wajan cekung yang sudah panas. Siram dengan 3 sendok makan air redaman beras, biarkan hingga agak kering.
  4. Pada satu tempat, kocok 1 butir telur bebek, 1/2 sendok teh bumbu halus yang sudah ditumis, 1/2 sendok teh ebi, 1/2 sendok makan bawang merah goreng, 1/8 sendok teh gula pasir, dan 1/8 sendok teh garam bubuk.
  5. Siram campuran tersebut ke atas ketan pada wajan, aduk sambil ratakan dan atur ketebalannya dengan mengira-ngira. Tutup wajan hingga matang. Balik wajan cekung di atas bara api, biarkan sampai benar-benar matang.
  6. Terakhir, taburi kelapa sangrai dan bawang goreng sebelum disajikan.

Itulah bahan-bahan serta bagaimana cara membuat Kerak Telor Khas Betawi paling enak dan praktis yang dapat saya sajikan kepada anda semua serta simak juga  Resep Membuat Masakan Telor yang lainnya untuk anda ketahui. Tips Resep Membuat Kerak Telor Khas Betawi ini saya dapatkan dari situs website resepmembuat.com dan saya ucapkan banyak terima kasih kepada anda semua yang sudah berkunjung pada website saya ini untuk mengetahui Resep Cara Membuat Kerak Telor Khas Betawi Paling Enak dan Praktis. (Selamat mencoba)